be istiqomah

jadilah saja belukar yang teguh di tepi jurang...
Belukar itu senantiasa istiqomah dalam perjuangannya untuk hidup.
Ia belajar dari kesehariannya untuk mendewasakan batangnya,
batangnya yang menyanggahnya untuk tidak masuk ke dalam jurang...

Rabu, 31 Maret 2010

Doa itu ibadah

Perintah Berdoa
Allah Swt. memerintahkan pada manusia untuk berdoa dan bermunajat kepada-Nya. Dia berjanji akan mengabulkan dan mewujudkan keinginan mereka.
1. Diriwayatkan dari Nu'man bin Basyir bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:
الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ
Artinya: "Sesungguhnya doa itu ibadah".

Lalu beliau membaca firman Allah
وَقَالَ رَبُّكُمْ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ ]غافر: 60[
Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina'.” (QS. Ghâfir 60) (HR. Ahmad dan Ashhâb as-Sunan).

2. Abdul Razaq bin al-Hasan meriwayatkan bahwa para sahabat pernah bertanya pada Nabi Saw.: "Di manakah Tuhan kita?".
Allah langsung menjawab pertanyaan ini sebagaimana tersebut dalam firman-Nya:
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ (186)
Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah: 186)

3. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنْ الدُّعَاءِ
Artinya: "Tidak ada sesuatupun yang Allah muliakan lebih daripada berdoa." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. Nabi Saw. bersabda:
مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَسْتَجِيبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَ الشَّدَائِدِ وَالْكَرْبِ فَلْيُكْثِرْ الدُّعَاءَ فِي الرَّخَاءِ
Artinya: "Barangsiapa ingin digembirakan dengan Allah kabulkan doa-doanya di saat susah dan sedih, maka perbanyaklah doa di saat sehat dan luang." (HR. Tirmidzi).

5. Abu Ya'la meriwayatkan dari Anas Ra. bahwa Nabi Saw. pernah mendengar Allah berfirman kepada beliau:
أَرْبـَعُ خِـصَالٍ وَاحِدَةٌ مِنْهُنَّ لِي وَوَاحِدَةٌ لَـكَ وَوَاحِدَةٌ فِيْـمَا بَيْـنِي وَبَيـْنـَكَ وَوَاحِدَةٌ فِيـْمَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ عِبَادِي؛ فَأَمَّا لِي لاَتُشْـرِكُ بِي شَيْـئًا, وَأَمَّا الَّتِي لَكَ فَمَا عَمِلْـتَ مِنْ خَيْرٍ جَـزَيْتـُكَ عَلَيـْهِ, وَأَمَّا الَّتِي بَيْنِي وَبَيْنَكَ فَمِنْكَ الدُّعـَاءُ وَعَلَيَّ الاِجـَابَة. وَأّمَّا الَّتِي بَيْنَكَ وَ بَيْنَ عِبَادِي فَارْضَ لَـهُمْ مَا تَـرْضَي لِنَـفْـسِـــكَ
Artinya: "Ada empat hal, satu khusus untuk-Ku, satu hal khusus untukmu, satu khusus antara Aku dan kamu dan satu lagi khusus antara kamu dan hamba-Ku. Yang khusus untuk-Ku adalah kalian jangan berbuat syirik kepada-Ku; yang khusus untukmu adalah kebaikan apa saja yang kamu lakukan akan Aku beri ganjaran; yang khusus antara Aku dan kamu adalah kamu berdoa dan Aku yang mengabulkan doa; dan yang khusus antara kamu dan hamba-Ku adalah ridhailah mereka dengan apa-apa yang kamu ridhai untuk dirimu".

6. Nabi Saw. juga bersabda:
مَنْ لَمْ يَسْأَلْ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ
Artinya: "Barangsiapa tidak mau meminta (berdoa) kepada Allah, maka Allah akan marah padanya."

7. Aisyah mengatakan bahwa Nabi Saw. telah bersabda:
لَنْ يُغْنِي حَذَرٌ مِنْ قَدَرٍ وَالدُّعَاءُ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلْ فَاِنَّ البَـلاَءَ لَيَنْـزِلُ فَيَلْـقَاهُ الدُعـَاءُ فَيَعْـتَلِجـَان اِلَي يَـوْمِ القِيَـامَةِ
Artinya: "Tidak cukup takdir menjadi tanda peringatan, doa itu bermanfaat, baik terkabul ataupun tidak. Sesungguhnya cobaan akan selalu datang, maka hadapilah ia dengan doa, karena keduanya akan terus bergelut sampai hari kiamat." (HR. Al-Bazzar, Thabrani, Hakim, beliau mengatakan bahwa sanad hadis ini shahih).

8. Salman al-Farisi meriwayatkan bahwa Nabi Saw. pernah bersabda:
لاَ يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ
Artinya: "Tidak ada yang bisa menolak qadha kecuali doa dan tidak ada yang akan menambah umur kecuali kebaikan." (HR. Tirmidzi, hadis hasan gharîb).

9. Abu Awanah dan Ibnu Hibban meriwayatkan bahwa Nabi Saw. telah bersabda:
اِذَا دَعـَا أَحَدُكـُمْ فَلْيُـعَـظِّمْ الرَغْـبَةَ فَاِنَّهُ لاَ يَتَعَاظَمُ عَنِ اللَّهِ شَيْئٌ
Artinya: "Jika salah seorang dari kalian berdoa, maka bersungguh-sungguhlah (saat berdoa) karena tidak ada sesuatupun yang lebih Agung dari Allah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar